Hotel Dekat Bandara Soekarno Hatta

CIMORI DAN MELRIMBA GARDEN

Di Cisarua ada dua buah Restoran unik dimana kita bisa makan sambil menikmati adventure yang seru, yaitu Cimori (Dairy Mountain) dan Melrimba Garden. Letak keduanya hanya sekitar 20 menit perjalanan dari Villa Erema, Cisarua. Hanya bila dari pertigaan Taman Safari Indonesia, Cimori ke arah Bogor, sedang Melrimba Garden ke arah Puncak.



CIMORI (DAIRY MOUNTAIN) merupakan restoran sekaligus pabrik susu dan peternakan sapi. Di situ kita bisa makan dengan menu andalan dari sosis, dan andalan minumnya tentu serba susu. Kita bisa belanja susu dalam kemasan botol atau pun yogurt untuk oleh-oleh. Tapi yang menarik, kita juga bisa belajar tentang cara produksi susu, dan mengunjungi pabrik Cimori. Di sana kita bisa coba memerah susu dari sapi. Selain itu juga bisa melihat penjelasan cara produksi susu dengan mengunjungi pabrik dan melihat film di theater kecilnya. Kita juga bisa melihat demonstrasi cara pembuatan milk shake. Untuk anak-anak dan pelajar, kunjungan ke Cimori, Cisarua adalah suatu wisata edukasi yang sangat menarik. Berikut ini beberapa gambar dari Cimori, Cisarua :











MELRIMBA GARDEN adalah sebuah Obyek Wisata menarik yang berada di Puncak, tidak jauh dari Puncak Pass. Obyek Wisata ini hanya berjarak 20 menit perjalanan dari Erema Village, Cisarua. Fasilitas yang dimiliki juga beragam Melrimba sendiri adalah Perusahaan ternama yang bergerak di bidang Bunga Potong dan Tanaman Hias, maka tidak heran kalau di lokasi ini, ibu-ibu dapat meniknati koleksi dari Tanaman Hias dan Bunga Potong yang sangat menawan. Namun Melrimba Garden juga menyuguhkan berbagai Atraksi menarik, disamping Hidangan berbagai Menu di Melrimba Kitchen. Atraksi yang dapat anda coba antara lain :





  • ATV Track
  • Flying Fox
  • Tea Walk
  • Memancing
  • Melihat pembibitan Bunga potong dan kaktus


BATU TULIS CIARUTEUN


BATU TULIS CIARUTEUN terletak di tepi sungai Ciaruteun perbatasan Kecamatan Ciampea dan Kecamatan Cibungbulang. Pada lokasi Batu tulis Ciaruteun ini terdapat pula peninggalan sejarah lainnya seperti Prasasti Kebon Kopi I, yang terdapat kaki Gajah Airwata sebagai kendaraan Raja Purnawarman, lalu Prasasti Kebon Kopi II, yang letaknya di sungai dan terdapat tulisan sansekerta berhuruf pallawa. Peninggalan lain seperti Batu Dakon, Prasasti Jambu, Garisul dan Kampung Adat Urug.

Prasasti Ciaruteun merupakan salah satu prasasti yang berasal dari jaman raja Purnawarman, yang menguasai kerajaan Tarumanegara pada abad ke-5 Masehi. Prasasti ini bertuliskan huruf Palawa dan berbahasa Sansakerta.Pada prasasti ini terdapat lukisan laba-laba dan tapak kaki yang dipahatkan pada tulisannya. Bacaannya terdiri dari empat baris yang tertulis dalam sebuah puisi. Isi dari prasasti Ciaruteun yang terbuat dari batu andesit adalah “srimarah purnavarmanah, tarumanagarendrasya, visnor iva padadvayam”, yang berarti “ini (bekas) dua kaki yang seperti kaki dewa Wisnu, ialah kaki yang mulia Sang Purnawarman, raja di nagari Taruma, raja yang gagah berani di dunia.”

Batu Tulis Ciaruteun telah dicatatkan dalam laporan kepurbakalaan Jawa Barat pada tahun 1914. Pada permulaan tahun 2003, prasasti dipindahkan ke sebuah bangunan yang bergaya joglo yang berada di tepi sungai Ciaruteun, desa Ciampea, Bogor.



ISTANA BOGOR


ISTANA BOGOR adalah Istana Kepresidenan Negara Republik Indonesia. Bangunan yang awalnya diberi nama Buitenzorg (artinya lepas dari semua beban) ini didirikan oleh Gubernur Jenderal Belanda, Baron Gustaaf Willem Van Imboff pada tahun 1745. Pada mulanya, bangunan ini berfungsi sebagai tempat peristirahatan di akhir pecan dan hari libur. Kemudian dipakai sebagai kediaman resmi para Gubernur Jenderal dan pejabat pemerintahan Hindia Belanda sejak tahun 1870 hingga tahun 1942. Kini bangunan tersebut menjadi salah satu Istana Kepresidenan Republik Indonesia.

Di istana yang megah dan mewah ini, tercatat dua kali kejadian besar bertaraf internasional yang pernah diselenggarakan. Yang pertama yaitu diselenggarakannya konferensi lima Negara (India, Pakistan, Birma, Ceylon, dan Indonesia) pada tahun 1954, dan tempat diselenggarakannya pertemuan APEC pada tahun 1994.

Di area Istana Bogor ini tumbuh sekitar 100 pohon yang besar serta ratusan ekor rusa yang hidup bebas. Hal lain yang cukup menarik perhatian para pengunjung Istana Bogor adalah tersimpannya 219 lukisan karya para pelukis ternama, dan 136 patung serta keramik dalam bangunan istana. Namun untuk masuk ke bagian dalam bangunan istana memerlukan ijin khusus dari Sekretariat Negara di Jakarta, atau dari kepala pengurus Istana Bogor ini.

KEBON RAYA BOGOR




http://kabupaten-wonosobo-dieng.blogspot.com/





KEBON RAYA BOGOR didirikan oleh seorang ahli botani asal Jerman, yaitu Prof. Dr. C.G.C. Reinward pada tahun 1817. Di Kebon Raya ini terdapat kira-kira 20.000 jenis tanaman, yang terdiri dari berbagai jenis tanaman dalam dan luar negeri, termasuk anggrek dan kaktus. Kebon Raya ini juga dilengkapi dengan perpustakaan, laboratorium, dan museum Zoologi.

Di dalam kebun ini terdapat bunga raksasa (Amorphoahalus Titanum Beccari) yang tersohor dengan sebutan bunga bangkai (karena bunganya memang menebarkan aroma bangkai) yang ditanam pada tahun 1912 sebanyak 11 pohon, berasal dari hutan Sumatera. Bunga ini ditemukan oleh ahli botani dai Italia bernama Beccari.

Kebon Raya ini menawarkan kepada wisatawan untuk merasakan keteduhan dari deretan pohon kenari yang berada di sepanjang jalannya. Selain itu kita juga bisa menikmati pemandangan kelelawar di beberapa pohon yang sudah tua, serta bajing yang berlompatan dari satu pohon ke pohon yang lainnya.

Di sini terdapat makam yang menurut banyak orang adalah makam Prabu Siliwangi. Juga ada makam dari putri Gubernur Jenderal Inggris Rafles yang menurut cerita telah bunuh diri karena pacarnya dihukum mati karena tidak direstui cintanya oleh sang Gubernur Jenderal, sehingga dikatakan bahwa pasangan yang berpacaran di Kebon Raya ini biasanya akan putus hubungan.

Obyek yang juga menarik adalah sungai dan jembatan merah. Orang bisa mencoba menyeberangi sungai ini dengan jembatan gantung yang berwarna merah.

Kebon Raya ini pada mulanya merupakan bagian dari halaman istana bogor. Namun wisatawan masih tetap dapat melihat istana yang elegan dengan kubah besar berwarna emas dari Kebon Raya ini. Juga terlihat rusa-rusa cantik yang berlarian di halaman istana kepresidenan ini.

PASAR BUAH DAN SAYURAN

PASAR BUAH DAN SAYURAN CIPANAS berada di kawasan pasar Cipanas yang berada di pinggir jalan raya, banyak sekali pedagang yang menjual aneka buah dan sayuran, seperti wortel, sawi, kol, timun, tomat, alpukat, pisang, dan lain-lain. Harganya pun relative murah, asalkan anda pintar menawar, pasti akan dapat harga yang miring.

PUSAT PROMOSI KERAJINAN CIANJUR


DEKRANASDA/ PUSAT PROMOSI KERAJINAN CIANJUR berada di Jalan Raya Cianjur, tepatnya di kawasan tapal kuda. Di sana anda bisa melihat dan membeli berbagai kerajinan khas Cianjur yang dihimpun oleh Dekranasda Cianjur. Semua kerajinan yang ditampilkan merupakan hasil dari pengrajin binaan Dekranasda. Tak jarang pula kerajinan-kerajinan tersebut diikutsertakan dalam pameran kerajinan di Jakarta.

Jika dilihat dari ragam jenisnya, kerajinan khas Cianjur tersebut memiliki ciri khas tersendiri, contohnya hiasan lampu yang terbuat dari sapu lidi. Kerajinan ini banyak diminati oleh wisatawan domestik maupun luar negeri, dan bahkan sudah dieksport ke luar negeri.

Selain hiasan lampu, ada kerajinan lain yang tak kalah menariknya, seperti keramik, bingkai foto, hiasan kaligrafi, meubel bamboo, gantungan kunci, kecapi suling, angklung, gitar mini, bunga plastic, dan hiasan meja lainnya. Nah, buat anda yang hobi mengkoleksi barang-barang kerajinan tangan, datang saja ke Dekrasnada Cianjur.

PUNCAK PASS


PUNCAK PASS adalah suatu daerah yang sangat indah dengan pemandangan lembah sungai dan gunung yang sangat menakjubkan, dan menjadi primadona wisata dari Jawa Barat. Banyak orang memberi julukan Puncak sebagai Taman Firdaus Pulau Jawa. Di sana kita dapat melihat hamparan kebon teh, hamparan wilayah bogor dari ketinggian, sambil belanja sayuran segar dan menikmati jagung rebus atau jagung baker yang nikmat. Walau pun banyak mobil melewatinya, tetapi dijamin udara di sini sangat sejuk dan segar.

PERKEBUNAN TEH GUNUNG MAS

Kawasan ini berjarak hanya 25 menit perjalanan dari Villa Erema, Cisarua. Di Kawasan AGROWISATA GUNUNG MAS, wisatawan dapat melihat proses pengolahan teh, mulai dari memetik hingga menjadi air teh yang siap untuk dihidangkan. Melihat pabrik teh atau melihat para pemetik teh sedang melakukan tugasnya pastilah merupakan pemandangan menarik. Cobalah bayangkan betapa uniknya pemandangan dimana sekitar 15 sampai 28 orang berpakaian warna-warni, memakai topi caping di keplanya, dengan keranjang di bagian belakangnya, sedang melenggak-lenggok di kejauhan di antara hijaunya hamparan daun teh. Mereka sedang memetik daun teh dengan memilah pada bagian atasnya saja.



Di samping itu anda juga bisa melakukan aktifitas tea walk dengan menyusuri jalan setapak di tengah hijaunya hamparan daun teh, sambil menikmati segarnya udara dan merdunya kicauan burung.